Senin, 17 Desember 2012

Akuntansi Keuangan Menengah


Saham biasa
Saham biasa adalah suatu sertipikat/ surat berharga yang memiliki tujuan sebagai berikut kememilikan suatu perusahaan dengan berbagai aspek-aspek penting dalam perusahaan ,pemilik sahan akan mendapatkan hak 4% menirima sebagai pendapatan tetap/devidan dari perusahan suatu  …menanggungnya resikokerugian yang di tanggung oleh sebuah perusahan.jadi saham bias dapat di simpulkan bahwah saham biasa merupakan sertipikat atau program yang memiliki pungsi sebagai berikut pemilik suatu perusahan dengan berbagai aspek-aspek penting bagi sebuah perusahan.
Saham preperent
Saham preperent adalah saham yang pemiliknya akan memiliki hak lebih di bandingkan hak pemilik saham biasa mempunyai saham preperent akan mendapatkan dividen lebih duluh dan juga memiliki hak suaralebih di bandingkan pemegangnya saham biasa seperti hak suara dalam pemilik direksi seharusnya jajaran manejemen akan berusaha sekuat tenaganyadalam membangundividen prerent agar tidak terjadi yang tidak di inginkan dalam sebuah perusahan tersebut.                                     

Investansi jangka panjang
Investansi dalam obligasi
Obligasi adalah suatu janji trtulis dari pihak yang mengeluarkan ke padah pihak pembelih untuk membayar sejumblah uang tertentu pada tanggal yang di tentukan dengan pembayaran bunga menurut tanggal jatuh tempo ( setiap 6 bulan/1 semester)pembelian yang di maksud dalam hal ini dadalah penanaman modal /investor dalam bentuk investansi dalam obligasi.
Jadi obligasi tersebut merupakan suatu surat yang berhargaatau sertifikat yang berisi kontrak pengakuan hutang atau pinjaman yang di terima oleh penerbit obligasi daripembeli pinjaman (modal)
Contoh;
Pada tanggal 1 aperil 2000 PT jaya membeli 200 lembar,obligasi 12% dari PT maju momimal @ Rp 100.000,-.jatu tempo 1 juni 2004,bunga di bayar tiap tanggal 1 desember 1999 dan 1 juni 2004 ,kurs 120%,propesi dan beban pemilik Rp 250.000,-.
jawab;
harga kurs =200 X Rp 100,000 –X 120%                                                                          Rp 24.000.000,-. Provisi dan beban pembelian                                                                                 Rp      250.000,-.                                                                                                         Harga perolehan obligasi                                                                                               Rp 24.250.000,-.                                           Bunga berjalan dari 1/12-1999-1/4-2000 = 4 bulan                                                                                                                                               
Rp.20.000.000,-x 4/12 X 12%                                                                                  Rp      800.000,-.                                                                                           Jumbelah yang harus di bayar oleh PT .maju                                                       Rp 25.050.000,-.

Jumbelah dalam obligasi PT.maju      Rp 24.250.000,-.                                                                                                                          
Pedapatan bunga                                Rp       800.00,-.
       Kas                                                                          Rp 25.050.000,-.

Deviden
Deviden adalah pembagian ke pada perusahan/pemegangnyasahanm dari suatu perusahan secara perposionalsesuai dengan jumblah saham yang adayang telah di pegang oleh masing-masing pemilik sahannya.
Agio
Agio adalah merupakan selisih bebih antara harga perolehan dengan harga nominal. Sedagangkan disgio adalah merupakan selisi kurang dari antara harga perolehan dengan harga nominal.

Investansi dalam saham
A  pembelian saham
 Pembelian saham sebagai investansi jangka panjang di catat di debit pada perkiran “investansi dalam saham “ dengan jumlah perolehan .
Contoh:
Pada tanggal 2 juni 2000 PT maju membeli 200 lembar saham biasa yang di keluarkan oleh PT. ABC dengan harga nominal Rp 100.000,- perlembar  dengan harga Rp 120.000,-perlembar,biaya provesi dan beban lain nya Rp 250.000,-
Jawaban
Harga kurs 200 X Rp 120.00,-                                                                                            Rp 24.000.000,-          biaya provesi dan beban                                                                                      Rp      250.000,-                                  harga perolehan                                                                                                         Rp 24.250.000,-
Jurnal
Investani dalam saham biasa Rp 24.250.000,-
    Kas                                                                                            Rp 24.250.000,-
B   pendapatan investansi jangka panjang (Deviden)
Pendapatan dari investansi dalam bentuk saham  adalah berupa devinden yang di terima dari perusahan yang mengelurakan saham terdebut.
Ada dua macam cara/metode  untuk mencatat pendapatan deviden tersebut:
1.      Metode harga perolehan (kost method)
2.      Metode Equitas (equlity method)
Metode harga perolehan
Pada metode ini bagian bagian  laba/deviden yang di terima di catat di debit pada perkiraan kas dan di keridit pada perkiraan pendapatan deviden.Dengan demikian penerima deviden sebagai pendapatan dari investansi (di catat terpisah  dari perkiraan investansi dalam saham )kecuali deviden yang di terima itu adalah merupakan deviden untuk pereode sebelum investansi,sebelum di lakukan maka deviden harus di catat dikerideit pada perkiraan investansi dalam saham (di anggap sebagaiperguruan invstansi)
Metode Equitas (equity method)
        Metode ini di gunakan jika investansi dalam saham bertujuan untuk menguasai /mengawasi kebijakan perusahan lain. Dengan kata lain ingin ikut serta menentukan kebijakan perusahan. oleh karena itu berusaha memiliki sebagian besar saham perusahan tersebut dan biasanya yang di beli adalah saham perveren/saham istimewa. Di mana saham nya mendpatkan persentase  tetap setiap tahunnya yang di sebut deveden berjalan.
Dalam pembelian saham yang bertujuan untuk investansi jangka panjang dapat juga dilakukan secara paket (lump sum) yaitu pembelian saham yang di lakukan sekaligus dalam bentuk paket (lump sum)yang terdiri dari saham baisa dan saham preferen dengan harga borongan. Dalam menentukan menentukan harga perolehan masing-masing saham penggunaan penghitungan atas dasar perbandingan nilai nominal ,harga pada pasarnya.

Penjualan saham dalam investansi jangka panjang
Saham yang tela di miliki beberapa tahun dalam bentuk investansi jangka panjang mungkin saja di jual oleh pemiliknya /dilunasi oleh perusahan lain /di ambil kembali oleh PT yang mengeluarkan saham .pencatatan akuntansinya penjualan saham tersebut di bukukan di kerideit pada perkiraan investansi dalam saham besar harga perolehan,selisi antara harga perolehan dengan hasil penjualan di bukukan pada perkirakan laba penjualansaham /rugi penjualan saham.
Contoh
Pada tanggal 10 juni 2003 PT jaya menjual 200 lembar saham PT .ABC  monimal Rp 100.000,- perlembar dengan haga Rp140.000,- perlembar ,provesi dan beban penjualan Rp 300.000,- harga perolehan saham teersebut saldo perikanan inventasi dalam saham adalah Rp 25.600,-
Jawab;
Harga kurs 200.000,- Rp 140.000,-                                                  Rp. 28.000.000,-                                                                           provesi dan beban penjualan                                                                               Rp.      300.000,-                                             hasil penjualan saham                                                                                           Rp 27. 700.000,-                                                    harga perolehan                                                                                                     Rp. 25.600.000,-                                                                               laba penjualan saham                                                                                            Rp.  2.100.000,-          
Jumla;
Kas                          Rp.27.700.000,-                                                                                
       Investansi dalam saham biasa  Rp 25.600.000,-                                                                                                                                                
       Labapenjualan saham                Rp   2.100.000,- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar